Jumat, 17 Juni 2011

Tentang Keutamaan Ilmu


Diriwayatkan dari Muadz BIn Jabal : 
"Pelajarilah ilmu ! Sebab sesungguhnya mempelajari ilmu karena ALLAH itu merupakan ungkapan rasa takut hamba kepadaNYA
Menuntutnya adalah ibadah
mengkajinya adalah tasbih
menelitinya adalah jihad
mengajarkannya adalah sedekah
memberikannya kepada orang yang tepat adalah amal yang dapat mendekatkan diri seorang hamba kepada ALLAH. 

Ilmu adalah penghibur hati dikala sendiri
teman di saat sepi
petunjuk di kala suka maupun duka
pembantu di kala butuh
pendamping ketika tak ada mitra
cahaya bagi jalan menuju surgaNYA

Dengan ilmu, 
Allah mengangkat derajat beberapa kaum sehingga Allah menjadikan mereka sebagai pembimbing juga pelopor dalam hal kebajikan yang jejak mereka senantiasa diikuti,
yang mendorong para malaikat tertarik atas sifat-sifat mereka sehingga berkenan menaungi mereka dengan sayap-sayapnya. 

Semua benda-benda - basah maupun kering - di permukaan bumi ini membacakan tasbih dan memohonkan ampunan bagi mereka; 
termasuk ikan dan berbagai jenis binatang yang berada dalam samudera lepas;
juga binatang-binatang buas maupun jinak yang berada di daratan;
juga langit berikut bintang-bintang yang bertebaran.

Sebab, ilomulah yang menghidupkan hati dari kebutaan;
yang memberi cahaya bagi penglihatan dari kegelapan.

Ilmu pulalah yang dapat menguatkan tubuh dari faktor yang melemahkannya. 

Dengan ilmu, 
seorang hamba dapat mencapai kedudukan orang-orang yang berbakti dan derajat yang tinggi.

Nilai merenungkan ilmu itu setara dengan pahala puasa
dan nilai pengkajiannya sebanding dengan pahala menjalankan shalat sunat malam.

Ilmu adalah bekal untuk taat, mengibadahi, meng-ahad-kan dan takut - hanya kepada ALLAH SWT. 

Ilmu adalah alat untuk menyambung hubungan di antara keluarga

Ilmu adalah imam dan amal sebagai makmumnya

Orang yang bahagia adalah mereka yang dianugerahi ilmu;
dan orang yang celaka adalah mereka yang terhalang dari mencapainya. 

- Abu Bakar Al-Jaziry dalam Al-Ilmu wal 'ulama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar